Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tata Cara Gerakan Cheerleading yang Baik dan Benar

• Base

Base itu istilah buat yang ngangkat-ngangkat orang. Dalam 1 stunt itu, base-nya ada 4. Ada 2 Side Base yang ngangkat di samping kanan kiri, terus 1 Front Base yang bantuin megang tangan Side Base, sama 1 Back Base yang bantuin ngangkat dan megangin kaki flyer-nya.



• Flyer

Dari namanya aja udah kliatan. Fly=terbang. Jadi, flyer adalah orang yang terbang. Maksudnya yang diangkat- angkat gitu. Biasanya flyer itu badannya kecil, berat badan minimal 35, maksimal 40.

Sepertinya cukup segini dulu, Next…

1. Pemanasan

Biasanya sih tim gw lari muterin lapangan 3 keliling. Trus pemanasan ringan gitu deh. abis itu stretching. Ngerti kan stretching? Peregangan. Caranya begini… Lo duduk trus buka kaki selebar-lebarnya. Trus tangannya ke depan sampe kepala nyentuh lantai. Kalo masih tahap awal ya pelan-pelan dulu. Abis itu tangannya ke kaki kanan trus kaki kiri. Setelah itu (aihh bahasanya) cium lutut. Ngerti kan? Lututnya wajib lurus. No bengkok! Kalo udah stretching, tinggal push up, sit up sama back up. Kalo pemula, 1seri=20x. kalo udah biasa, 1seri=50x.

2. Latihan Awal- Thight Stand (bener gak nih tulisannya?)

Dua orang side base, berdiri samping-sampingan kanan kiri. Base kanan majuin kaki kanan, Base kiri majuin kaki kanan juga. Dengkul basenya nempel satu sama lain. Kaki kirinya lurus kebelakang. Nah, 1 kaki Flyer naik ke pangkal paha basenya (boleh kanan boleh kiri). Kalo udah dirasa pas, kaki flyernya yang satu dinaikin lagi ke base satunya. Udah deh selese. Back Base-nya ya bantuin flyernya dibelakang, megangin biar ga jatoh. Cara turunnya, paha Side Basenya kea digenjot gitu loh. Jadi, pahanya nge-down dulu abis itu di-up (kea dilemparin gitu biar flyer-nya turunnya agak lompat). Taraaa… selesai. *keanya ribet deh kalo dijelasin lewat tulisan*




3. Elevator

Elevator disebut juga Half Stunt. Side Base posisi kuda-kuda. Posisi kuda-kuda itu posisi setengah jongkok, ke lagi duduk tapi ga ada bangkunya. Telapak tangan base-nya ditarok di depan perut, posisi telapak tangan kea mau nangkep kaki flyernya. Lengan ditempelin di tulang pinggang. Flyernya dibantu back base, pegang pundak kanan kiri basenya, naik ke posisi chicken dulu. Jadi Flyernya lompat ke tangan base nya, posisi flyer setengah berdiri, berat badan dibawa ke lengan. Jadi pundak base-nya diteken aja. Kalo udah siap. Base-nya bareng bareng down up, angkat flyernya ke dada. Biar enteng, kaki flyer-nya di tempelin di tulang leher diatas dada. Turunnya sama kea Tight Stunt.

Read More..
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tips Menjadi Cheerleader Profesional :)

Menjadi cheerleader tidak harus cantik, ganteng, putih, tinggi, langsing, ataupun tegap. Siapa saja bisa jadi cheerleader. Ini dia tips-tipsnya dari sang pakar, Coach Annie!.




1. Kuatkan Motivasi
Menjadi cheerleader adalah pilihanmu dan jika kamu tertarik dengan olahraga ekstrem ini, jangan takut mengambil langkahmu di dunia cheerleading ini. Mantapkan motivasimu dan lakukan!

2. Latihan dan Fokus
Sukses berawal dari latihan. Banyak gerakan dan teknik-teknik cheerleading yang harus dilatih sesering mungkin, seperti teknik nafas dan kuncian. Jangan lupa untuk selalu fokus di setiap latihan.

3. Kerja Keras
Menjadi seorang cheerleader bukan sesuatu yang mudah. Meski sering latihan, diperlukan keinginan kuat menjadi cheerleader yang rofesional. Karena itu, selain mengikuti latihan di club/komunitas/sekolah, latih sendiri teknik-teknik yang belum kamu kuasai.

4. Jaga Stamina
Dalam cheerleading banyak gerakan-gerakan extreem seperti tumbling (salto), toss (lemparan), menaiki pemain lain, dan menyelamatkan flyer (pemain yang diterbangkan).
Gerakan-gerakan ini membutuhkan sekaligus menguaras tenaga yang banyak. Belum lagi setelah latihan sampai malam, esoknya kita harus sekolah, kuliah atau kerja. Jadi menjaga stamina adalah suatu keharusan. Jogging-lah paling tidak 30 menit sehari, push up, sit up, dan back up masing-masing 50 kali sehari.

5. Disiplin
Tanpa kedisiplinan yang tinggi suatu team cheerleading tidak akan mendapatkan formasi yang baik. Serius, tidak bercanda, tepat waktu saat latihan merupakan bentuk kedisiplinan, karena dalam cheerleading ini jika kita bercanda akan membahayakan orang lain dan kita sendiri. Selain itu juga mampu me-manage waktu, menyeimbangkan
jadwal latihan cheers dan tugas-tugas sekolah, kuliah, atau kerja.

6. Attitude Baik
Seorang cheerleader yang profesional, namun bersikap arogan dan menganggap dirinya yang paling bisa dan hebat, hanya akan merugikan dirinya sendiri dan timnya. Karena cheerleading menuntut kerjasama, kekompakkan, dan tanggung jawab dari semua anggota team. Jadi, bersikaplah ramah dan bersahabat.

7. Tidak Ada Kata Terlambat
Ya! Tidak ada kata terlambat untuk kalian semua menjadi cheerleaders profesional. Jadi, latihan, latihan, latihan, dan tampilkan cheerleading terbaikmu!

Read More..
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MOTION :)

Motion, pada awalnya digunakan oleh tim Cheerleader saat meneriakkan Cheers dan Chants saat menyemangati suatu tim olah raga yang sedang tampil. Coba bayangkan jika sekelompok Cheerleader di pinggir lapangan hanya meneriakkan yell-yell saja tanpa ada suatu gerakan teratur yang kompak, tentu akan sangat membosankan, bukan?
Pada perkembangan selanjutnya, motion juga seringkali ditampilkan dalam koreografi sebuah penampilan tim Cheerleader, yang membuat penampilan tim terlihat enerjik dan bersemangat, ketimbang gerakan dance yang meliuk-liuk kesana kemari.


Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan motion adalah :


1. Seluruh badan harus dikunci selama melakukan motion.
2. Setiap gerakan harus "sharp", artinya dilakukan dengan enerjik, mantap dan bertenaga.
3. Setiap gerakan harus "precise", artinya gerakan tersebut jelas bentuk, arah, dan detilnya.
4. Jangan asal saja menggerakkan tangan. Tangan harus senantiasa diberi tenaga.
5. Perpindahan dari gerakan satu ke gerakan lainnya cepat dan mantap.
6. Tidak perlu power yang berlebihan, cukup kunci seluruh badan.
7. Bedakan antara "mengunci badan" dengan "memberi power".

Berikut ini adalah beberapa contoh gerakan motion standar yang dikenal dalam dunia Cheerleading. Silahkan berlatih sendiri, dengan memperhatikan keenam hal tersebut di atas.

Ready Position.
Seluruh badan dikencangkan /dikunci, tangan dalam posisi "blade" di samping badan. Posisi kaki tidak harus tertutup, bisa juga terbuka, bahkan bisa juga dikombinasikan dengan gerakan kaki lain seperti menekuk (lunge), jinjit, dan sebagainya.
High V
Tangan lurus ke atas membentuk huruf V, sedikit ke depan badan (tangan harus bisa terlihat dari ujung mata tanpa melirik). Kepalan tangan seperti pada gambar hingga "rongga" kepalan terlihat dari depan. High V adalah salah satu motion yang sering digunakan.

Low V
Kebalikan dari High V. Tangan membentuk huruf V ke bawah, sedikit ke depan badan. Perhatikan juga kepalan tangan agar diputar sedemikian rupa sehingga yang terlihat dari depan adalah "rongga" dari kepalan tangan.

T Motion
Seperti namanya, tangan membentuk seperti huruf T. Tangan dilebarkan ke samping sejajar dengan tanah, sedikit ke depan sehingga masih terlihat dari sudut mata. Perhatikan kepalan tangan diputar agar "rongga" kepalan menghadap ke depan.

Right Diagonal
Tangan membentuk diagonal. Tangan kanan ke atas seperti membentuk High V, dan tangan kiri ke bawah seperti membentuk Low V. Perhatikan kepalan tangan juga sama seperti motion2 sebelumnya. Tangan sedikit ke depan badan, hingga terlihat dari sudut mata.

Left Diagonal
Kebalikan dari Right Diagonal. Tangan kiri ke atas seperti membentuk High V, dan tangan kanan ke bawah seperti membentuk Low V. Perhatikan kepalan tangan juga sama seperti motion2 sebelumnya. Tangan sedikit ke depan badan.

Touchdown
Kedua tangan tegak lurus ke atas, sedekat mungkin dan tetap pararel antara tangan satu dan lainnya. Tangan dikepal dan ibu jari di belakang, sehingga rongga kepalan terlihat dari depan. Jika tangan tegak lurus ke bawah, motion itu disebut Low Touchdown.


Left L
Sesuai namanya, membentuk huruf L. Tangan kiri lurus ke atas, dan tangan kanan tegak lurus ke samping sejajar dengan tanah.

Right L
Kebalikan dari Left L. Tangan kanan lurus ke atas, dan tangan kiri tegak lurus ke samping sejajar dengan tanah.

Masih ada banyak lagi gerakan motion yang lainnya, antara lain High Punch, Broken T, Broken High V, Sparkles, Table Top, Check Mark, dan sebagainya. Kamu bisa mengkombinasikan motion-motion tersebut untuk membentuk suatu koreografi yang menarik ditampilkan dalam penampilan tim. Selamat berlatih!

Read More..
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Teknik dan Style Hip Hop

TEKNIK

Teknik merupakan cara-cara dasar yang dapat dipelajari untuk ber-revolusi melalui HipHop,hal ini mencakup semua elemen HipHop seperti, "spin" dalam breakdance, "scratch" mas DJ, "softie" writerz graffiti, atau twisting seorang MC. Teknik-teknik tersebut dapat/sebisa mungkin terus digali, dilatih, dikembangkan, atau bisa ditanyakan pada HipHopmania yang sudah berpengalaman di area anda. Bahkan teknik-teknik ini dapat ditemukan di album HipHop manapun, dari Hit em up-2Pac sampai tu, wa, ga, pat.



Semua orang dalam "dunia" HipHop dan musik, dari Tone Loc sampai Project Pop, berangkat dari proses psikologi imitasi, dimana hadir "idol" yang diklaim mewakili ekspresi diri. Begitu juga dengan tradisi HipHopmania di Indonesia, dimana proses imitasi dapat dilihat dari baggy pants ala MC Hammer, ber-adidas superstar blue strip RUN DMC, backwardz style KrisKross, HipHop aristo Fresh Prince (Will Smith), baggy blue jeans+WHITE shirt Eminem, rambut kuning?... mungkin hanya Versace Master P saja yang TIDAK MAMPU diikuti. Dan bukan dari fashionnngg saja, perilaku pun menjadi komoditi yang laku ditiru, atau mungkin hanya dipakai sebagai sang juru selamat dan pembius rasa dosa, seperti daun jamu Cypress Hill, atau tawuran gangsta-nya 2Pac.

Tentu setiap generasi memiliki ciri imitasi tersendiri, misal, generasi akhir 80s dengan imbas ol' skool dan rapcore-nya, gen-early 90s dengan rasialisme dan sweet pop-rap-nya, gen-mid 90s dengan eastcoast wu dan westcoast G-Funk -nya, terakhir ... angkatan millenium yang dilanda flu bingung antara rap atau rock dan raprock itu sendiri, lalu menemukan tempat yang nyaman untuk bercikal di HipMetal, atau belaga funky di R n B seperti boys band MTV, dimana diantara 2 ujung tersebut HipHop berada di garis khatulistiwa dan menjadi pilihan alternatif ketiga.

Anomali yang terjadi adalah ketika generasi-generasi imitasi kini mulai menonjolkan diri dan masuk dalam kompetisi jati diri untuk mencari produk imitasi siapa yang paling hebat(?). Ilustrasi logika, generasi "doeloe" yang penuh dengan lirik menghujat dan protes keras pasti akan melihat generasi millenium hanya sekumpulan lenong bocah yang mencoba nge-rap dengan iringan orkes rock membawakan lirik patah hati/putus cinta, atau lebon-lebon funky yang coba ber-RnB dengan lagu bertema jenaka atau setidak-tidaknya mesra. Sementara, generasi yang baru muncul akan berpendapat bahwa generasi 80s hanya gelondongan besi tua yang sebentar lagi cari kerja yang layak seperti kakak-kakak generasi millenium yang menjadi pegawai dan tampak sibuk tanpa mengerti sedikit pun akan arti hidup.

Padahal, generasi-generasi tersebut -in ma' opinion- seharusnya berhubungan erat, atau paling tidak berkomunikasi secara layak agar tercipta proses re-generasi dan re-imitasi "lokal" sehingga akan terjadi fase akulturasi yang membuat HipHopindo-nesia sarat dengan nilai-nilai "asli" yang lebih merakyat dan mempunyai warna khas yang kuat. Keadaan saat ini membuat terhentinya proses re-imitasi setempat, sehingga banyak pemuda ber-"jerawat" lebih banyak mendongak dan menyerap kembali ke barat, atau langsung melahap dan berkutat di depan TV, memindahkan channel ke MTv, walau patut disanjung dari segi kreatifiti.

Masalah-masalah yang terjadi pada proses imitasi sengaja diungkap sebab hal-hal tersebut membuat banyak HipHopmania terhanyut dan berlarut-larut di dalamnya sampai waktu terus berlanjut dan kita lupa akan kewajiban pertama yang kita sebut.

Lebih jauh mengenal kanal TEKNIK, kita akan bertemu dengan sejarah HipHop atau ROOTs, baik lokal maupun nun jauh di Amrik sono. Mengapa kita harus repot-repot dengan sejarah? well, cucu yang baik pasti mengenal darimana asal-usul mbah-nya (hahaha..), juga refleksi diri sehingga titik koordinat penempatan level dalam strata HipHop dapat diketahui dengan tepat. Pengetahuan tentang "pole position" ini penting untuk start, agar dapat melirik berapa dan mobil balap siapa yang harus disalip.

Selain ROOTs, blablabla yang lain dan penting dalam TEKNIK adalah indikator, jenis-jenis style, metoda dan pelbagai jawaban dari rumus 5W 1H. Sedangkan dalam realiti di sini, masih banyak HipHopmania yang bingung, bersikeras, berdebat tentang definisi HipHop yang jelas-jelas sudah tercantum di banyak album.

Akhir bagian ini ditutup dengan semangat persuasif untuk mengamalkan Sila ke-3 Pancasila dan saling bantu memahami sub-bab teknik, walau pada akhirnya hasilnya hanya dapat berfungsi untuk diri sendiri.

Catatan di Kaki: pendalaman teknik tak akan berhenti, berjalan seiring pemantapan style, revolusi diri.

STYLe

Style adalah komposisi berjuta-juta teknik yang sedekat mungkin menggambarkan diri kita sendiri. Inilah revolusi diri yang didongengkan Jazzmates, Scott La Rock, LL, ... dan Homicide dengan jaket belel. Revolusi diri ini merupakan program dan alasan mengapa saya memilih HipHop, menyukai Nyong DK ketimbang Cikitha Meidy, 7 Kurcaci atau Kris Dayanti.

Ada unsur pembelajaran yang lebih dari sekedar hiburan ditawarkan dalam 1 paket secara bersamaan. Sungguh HipHop menakjubkan, bukan? Apalagi generasi 1 dekade terakhir di Indonesia ibarat Spiderman-air, hanya mengambang di atas permukaan air, terlalu ringan untuk tenggelam dan pada umumnya tidak terlalu terganggu ancaman. Kurang ada semacam semangat perjuangan dan tekanan "alam" seperti yang dialami Black American sampai sekarang, sehingga mereka harus melawan keras, tak ada waktu untuk duduk malas di kelas.

Proses, proses, proses revolusi diri melalui HipHop ini yang sebenarnya merupakan esensi, sehingga kamu bisa berkata, "Dis is Me!" tanpa pergi ke tukang ramal atau membaca horoskop di majalah Femina atau Kartini.

Style adalah gayamu, style adalah kamu -mohon dibedakan antara hiphopku, hiphopmu- , bermacam-macam teknik yang diramu menjadi satu yang dirasakan menyatu dengan jiwa dan kalbu. BUKAN MENIRU! Bukan seperti yang hadir di Indonesia saat ini, dimana parameter antara bagus atau butut disamakan dengan parameter yang berlaku saat menonton T-Five atau Brown-su di NYC, Fame, atau lain-lain tempat mabuk. Sehingga hukum asasi HipHop menjadi campur baur dan ngawur, dimana DJ yang "good" adalah YANG SEPERTI X-ecutioners, dan para MC berlomba-lomba ber-skill SEPERTI Rza atau Method Man, nge-flow SEPERTI Snoop Dogg atau Warren G, kasar SEPERTI DMX atau Public Enemy, ribut SEPERTI kentut (hahaha..).

Jika keadaan demikian terus continued, maka proses yang berlanjut hanyalah HipHop sebagai hiburan rakyat seperti dangdut, bukan lagi revolusi dan penunjukan diri, tapi bagaimana sebisa mungkin meniru sosok yang digandrungi, HipHop prostitusi demi sensasi, decak kagum, tepuk tangan dan lembaran uang barangkali. Lalu, apa yang didapat dari HipHop itu sendiri? tanpa definisi,tanpa esensi, tanpa revolusi, hanya fotokopi.

STYLe ditemukan bukan melalui start - Find - File(s)/Folder(s), STYLe merupakan proses metamorfosa, dari beragam teknik mentah, diolah, berubah, menyatu dalam jiwa sampai menjadi "kupu-kupu" yang indah. Hiphopku, hiphopmu? puahhh!!!

Read More..
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SEJARAH CHEERLEADER

Sejarah Cheerleading di dunia

Pertama kali cheerleading dimulai sebagai olahraga yaitu di Princeton University pada sekitar tahun 1880 sebagai usaha untuk memancing penonton agar ikut memberikan semangat kepada tim football sekolah mereka.
Walaupun sampai saat ini hampir 90% cheerleader adalah wanita, pada awalnya cheerleading didominasi oleh pria. Wanita baru mulai tertarik menjadi cheerleader pada sekitar tahun 1920 dikarenakan terbatasnya cabang olahraga untuk wanita di universitas pada saat itu.kemudian pada sekitar tahun 1940, cheerleading menjadi salah satu olahraga yang paling diminati oleh wanita.





Cheerleading selalu berada didekat American Football, dan kemudian mulai dilirik sebagai pendamping pada cabang olahraga Basket. Terkadang kita juga bisa menyaksikan penampilan cheerleader di olahraga ; Sepak bola, Hoki, dan Gulat. Tetapi tidak di olahraga Baseball.
Cheerleader yang pertama muncul di University of Minnesota. Ide untuk membentuk Cheerleader ini muncul gara-gara pada saat itu tim footbal kampus mereka mengalami musim yang sangat mengecewakan, hampir selalu kalah dari tim-tim footbal kampus lain. Semua mahasiswa University of Minnesota setuju bahwa suatu langkah harus segera diambil agar tim mereka mampu bertanding lebih baik.


Beberapa saat sebelum pertandingan melawan Madison Wisconsin, mereka pun berkumpul untuk membicarakan tentang hal ini. Di pertemuan itu, salah seorang profesor Universitas menyatakan hasil risetnya yang menjadi inspirasi bagi para mahsiswa, yakni suatu “rangsangan” dari luar secara bersama-sama dari beberapa ratus mahasiswa akan memberikan energi positif bagi tim dan akan membantu tim untuk menang. Bermodalkan hasil riset ini, mereka pun berangkat ke stadion untuk memberi semangat bagi tim footbal mereka.

Namun ternyata hasilnya tidak memuaskan. Tim footbal Minnesota tetap mengalami kekalahan telak 28-0, kendati ratusan mahasiswa telah bersorak sorai dari bangku penonton. Hasil riset sang profesor ternyata tidak berlaku seperti yang mereka harapkan. Namun mereka tidak menyerah dan kembali memikirkan bahwa sesuatu harus dilakukan untuk menghentikan penampilan tim mereka yang buruk. Lalu muncullah JACK CAMPBELL, mahasiswa tingkat satu dari fakultas kedokteran, yang menjadi orang pertama yang menjadi Cheerleader. Dia berpendapat bahwa seseorang harus menjadi pemimpin untuk mengatur dan mengkoordinasikan para suporter. Ia juga berpendapat bahwa harus ada suatu yang beda dari yang lain. Maka di pertandingan berikutnya, Jack Campbell menyorakkan Cheer untuk pertama kalinya, yang menjadi sangat populer sampai sekarang.
Sayang sekali tidak diceritakan bagaimana penampilan tim footbal University of Minnesota semenjak saat itu. Namun yang jelas, University Of Minnesota kembali membuat tonggak sejarah dalam sejarah Cheerleader dunia, yakni pada sekitar tahun 1920, dengan memasukkan unsur sport dalam tim Cheerleader, yakni dengan berbagai gymnastic dan tumbling routines. Hal inilah yang membuat Cheerleader sampai sekarang dikenal dengan kemampuan atletis mereka, bukan hanya sekedar sorak sorai saja. Pada tahun 1930an, showmanship makin berkembang dalam penampilan tim Cheerleader, dan membuatnya menjadi semakin menarik untuk ditonton. Penggunaan megaphone dimulai sekitar tahun 1940an, dan pom-pon sekitar tahun 1950an, dipelopori oleh Lawrence Herkimer. Lawrence Herkimer ternyata tidak saja mempelopori penggunaan pom-pon dalam Cheerleader, namun juga membentuk National Cheerleading Association di Southern Methodist University, setelah ia mengadakan klinik Cheerleader untuk pertama kalinya pada tahun 1946 dan 1947. Lawrence juga menjadi pelatih dalam Cheerleading Camp yang pertama yang pernah diaadakan, yakni di Sam Houston College. Pada tahun pertama, 52 wanita ikut serta dalam Cheerleading Camp tersebut, dan pada tahun berikutnya, peserta membludak menjadi 350 peserta. Lawrence tidak pernah tau, bahwa saat ini, setidaknya 20.000 anggota Cheerleader ikut serta dalam Cheerleading Camp yang diselenggarakan setiap musim panas tiap tahunnya. Nama Lawrence Herkimer kemudian diabadikan menjadi nama salah satu jumps dalam Cheerleader, yakni “Herkie”.

Demikianlah sejarah singkat Cheerleader. Cheerleader, percaya atau tidak, pada awal munculnya didominasi oleh pria, bahkan wanita dilarang untuk ikut dalam tim Cheerleader. Keadaan ini mulai berubah sejak banyak remaja pria diikutsertakan dalam wajib militer di Perang Dunia ke II, sehingga memberi kesempatan untuk remaja wanita untuk ikut serta dalam tim Cheerleader. Sejak saat itu sampai sekarang, lebih dari 90% anggota tim Cheerleader adalah wanita.

Read More..
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

JENIS HIP HOP

Hip-hop tari mengacu pada sosial atau koreografi tari menari gaya terutama musik hip-hop atau yang telah berevolusi sebagai bagian dari budaya hip-hop . This includes a wide range of styles notably breaking , locking , and popping which were developed in the 1970s by Black and Latino Americans . Ini mencakup berbagai gaya terutama melanggar , penguncian , dan komentar yang dikembangkan pada tahun 1970an oleh Hitam dan Amerika Latin . What separates hip-hop dance from other forms of dance is that it is often freestyle ( improvizational ) in nature and hip-hop dancers frequently engage in battles —formal or informal freestyle dance


competitions.


Apa yang membedakan tari hip-hop dengan bentuk-bentuk lain dari tari adalah bahwa hal itu sering gaya bebas ( improvizational ) di alam dan penari hip-hop sering terlibat dalam formal atau informal gaya bebas menari-kompetisi pertempuran. Informal freestyle sessions and battles are usually performed in a cipher , a circular dance space that forms naturally once the dancing begins. sesi freestyle pertempuran informal dan biasanya dilakukan dalam cipher, ruang dansa melingkar yang terbentuk secara alami sekali menari dimulai. These three elements—freestyling, battles, and ciphers—are key components of hip-hop dance. Ketiga unsur-freestyling, pertempuran, dan sandi-adalah komponen kunci dari tari hip-hop.
More than 30 years old, hip-hop dance became widely known after the first professional breaking, locking, and popping crews formed in the 1970s. Lebih dari 30 tahun, hip-hop dance menjadi dikenal secara luas setelah melanggar profesional pertama, penguncian, dan kru muncul dibentuk pada tahun 1970-an. The most influential groups are the The Lockers , the Rock Steady Crew , and the Electric Boogaloos who are responsible for the spread of locking, breaking, and popping respectively. Para kelompok yang paling berpengaruh adalah The lockers , para Rock Steady Crew , dan Boogaloos Electric yang bertanggung jawab atas penyebaran penguncian, melanggar, dan muncul masing-masing. Parallel with the evolution of hip-hop music , hip-hop dancing evolved from breaking and the funk styles into different forms: moves such as the ” running man ” and the “cabbage patch” hit the mainstream and became fad dances . Paralel dengan evolusi musik hip hop , hip-hop dancing berevolusi dari memecahkan dan gaya funk ke dalam bentuk yang berbeda: bergerak seperti ” berjalan orang “dan” patch kol “hit mainstream dan menjadi tarian mode . The dance industry in particular responded with studio/commercial hip-hop, sometimes called new style or LA style , and jazz funk . Industri tari pada khususnya menanggapi dengan studio / hip hop komersial, kadang-kadang disebut gaya baru atau gaya LA, dan funk jazz. These styles were developed by technically trained dancers who wanted to create choreography for hip-hop music from the hip-hop dances they saw being performed on the street. Gaya ini dikembangkan oleh penari secara teknis terlatih yang ingin menciptakan koreografi untuk musik hip-hop dari tarian hip-hop mereka melihat yang dilakukan di jalan. Because of this development, hip-hop dance is now practiced at both studios and outside spaces. Karena perkembangan ini, tari hip-hop sekarang dipraktekkan di kedua studio dan ruang luar.
Internationally, hip-hop dance has had a particularly strong influence in France and South Korea . Internasional, hip-hop tari telah memiliki pengaruh yang kuat terutama di Perancis dan Korea Selatan . France is the birthplace of Tecktonik , a style of house dance from Paris that borrows heavily from popping and breaking. Perancis adalah tempat kelahiran Tecktonik , gaya tari rumah dari Paris yang banyak meminjam dari muncul dan melanggar. France is also the home of Juste Debout , an international hip-hop dance competition. Perancis juga rumah Juste Debout , sebuah kompetisi tari hip-hop internasional. South Korea is home to the international breaking competition R16 which is sponsored by the government and broadcast every year live on Korean television. Korea Selatan merupakan rumah bagi kompetisi internasional melanggar R16 yang disponsori oleh pemerintah dan disiarkan setiap tahun tinggal di televisi Korea. The country consistently produces such skillful b-boys that the South Korean government has designated the Gamblerz and Rivers b-boy crews official ambassadors of Korean culture. [ 1 ] Negara ini secara konsisten menghasilkan seperti terampil b-anak laki-laki bahwa pemerintah Korea Selatan telah ditunjuk Gamblerz dan Sungai b-boy resmi duta besar awak budaya Korea. [1]
To some, hip-hop dance may only be a form of entertainment or a hobby. Untuk beberapa, hip-hop dance mungkin hanya suatu bentuk hiburan atau hobi. To others it has become a lifestyle: a way to be active in physical fitness or competitive dance and a way to make a living by dancing professionally. Untuk orang lain itu telah menjadi gaya hidup: suatu cara untuk aktif dalam kebugaran fisik atau tari yang kompetitif dan cara untuk membuat hidup dengan menari profesional.
Funk Styles dan renaisans California
As breaking was developing and evolving in New York , other styles of dance were developing at the same time in California . [ 21 ] Unlike breaking, the funk styles —which originated in the ’70s in California—were not originally hip-hop dance styles: they were danced to funk music rather than hip-hop music and they were not associated with the other cultural pillars of hip-hop ( DJing , graffiti writing , and MCing ). [ 21 ] [ 22 ] The funk styles are actually slightly older than breaking considering that (ro)boting (a predecessor to locking) was performed in the late 1960s. Seperti melanggar itu berkembang dan berkembang di New York , gaya tari lain yang berkembang pada saat yang sama di California . [21] Tidak seperti melanggar, yang funk gaya -yang berasal dari 70-an di California-tidak awalnya hip-hop gaya dansa : mereka menari untuk musik funk daripada hip-hop musik dan mereka tidak terkait dengan pilar budaya lainnya hip-hop ( DJing , menulis grafiti , dan MCing ). [21] [22] Gaya funk sebenarnya sedikit lebih tua dari melanggar mengingat (ro) membosankan (pendahulu untuk penguncian) dilakukan pada akhir tahun 1960.
Like breaking, the different moves within the funk styles came about with the formation of crews. Seperti melanggar, bergerak berbeda dalam gaya funk muncul dengan pembentukan kru. The Lockers were founded in Los Angeles by Don “Campbellock” Campbell who created locking. [ 23 ] They began as all black males but later women and Latinos were added to make up for the complaints of the lack of racial diversity. The lockers didirikan di Los Angeles oleh Don “Campbellock” Campbell yang menciptakan penguncian. [23] Mereka mulai seperti semua laki-laki hitam, tetapi perempuan kemudian dan Latin yang ditambahkan untuk menebus keluhan kurangnya keanekaragaman ras. One of these additions included choreographer Toni Basil who served as their manager. Salah satu penambahan ini termasuk koreografer Toni Basil yang menjabat sebagai manajer mereka. The Electric Boogaloos are another funk styles crew founded in Fresno by Sam “Boogaloo” Solomon. Para Boogaloos Listrik awak lain gaya funk didirikan di Fresno oleh Sam “Boogaloo” Salomo. Boogaloo Sam is credited for developing popping and electric boogaloo. [ 21 ] Popping got its name because when Boogaloo Sam was performing it, he would say “pop, pop, pop” under his breath as he was popping his muscles to the music. [ 24 ] [ 25 ] Electric boogaloo is a combination of boogaloo —a dance style characterized by rolling hip, knee, and head movements—and popping. Boogaloo Sam dikreditkan untuk mengembangkan dan listrik boogaloo bermunculan. [21] komentar mendapat namanya karena ketika Boogaloo Sam sedang melakukan itu, dia akan berkata “pop, pop, pop” pelan karena ia muncul otot-ototnya untuk musik. [ 24] [25] boogaloo Listrik adalah kombinasi dari boogaloo tarian gaya-ditandai dengan rolling pinggul, lutut, dan kepala gerakan-dan muncul. Sometimes it is mistakenly called electric boogie . Kadang-kadang keliru disebut sebagai boogie listrik. The bugalĂș dance was created in New York City by Cubans and Puerto Ricans and danced to mambo , soul, and R&B music. [ 26 ] Therefore calling it “electric boogie” leaves out the original essence of where the dance came from. Tari bugalĂș diciptakan di New York City oleh Kuba dan Puerto Rico dan menari untuk mambo , jiwa, dan R & B musik. [26] Oleh karena itu menyebutnya “listrik boogie” daun keluar esensi asli dari mana tarian itu berasal. Electric boogaloo lost popularity after the ’70s but it is still a respected dance form. boogaloo Electric hilang popularitas setelah 70-an tapi masih bentuk tarian dihormati. It is the signature dance style of the Electric Boogaloos (the crew). [ 24 ] Members of the Electric Boogaloos are still active traveling and teaching dance classes. Ini adalah tarian tanda tangan gaya Boogaloos Electric (kru). [24] Anggota Boogaloos Listrik masih aktif bepergian dan mengajar kelas dansa. Timothy “Popin Pete” Solomon and Steffan ” Mr. Wiggles ” Clemente are both faculty members at Monsters of Hip Hop dance convention. [ 27 ] Timotius “Popin Pete” Salomo dan Steffan ” Mr Wiggles “Clemente adalah anggota staf pengajar baik di Monster konvensi tarian Hip Hop. [27]
Though breaking and the funk styles are different stylistically they have always shared many surrounding elements such as their improvizational nature and the way they originated from the streets within Black and Latino communities. Meskipun melanggar dan gaya funk berbeda alirannya mereka selalu berbagi banyak elemen sekitarnya seperti sifat improvizational mereka dan cara mereka berasal dari jalanan dalam Hitam dan Latin masyarakat. The funk styles were integrated into hip-hop in the 1980s when the culture reached the west coast of the United States . Gaya funk yang diintegrasikan ke hip-hop pada tahun 1980 ketika budaya itu mencapai pantai barat Amerika Serikat .
Ever since hip-hop culture was embraced by the west coast, California has remained a hot bed of activity consistently producing regional dance styles. Sejak hip-hop budaya dipeluk oleh pantai barat, California tetap tempat tidur panas kegiatan secara konsisten memproduksi gaya tari daerah. In the ’70s while Fresno was known for popping and Los Angeles for locking, Oakland was known for a style called struttin . [ 3 ] The associated struttin’ crews did not have as much staying power as the Electric Boogaloos or The Lockers. Pada 70-an sementara Fresno dikenal karena komentar dan Los Angeles untuk penguncian, Oakland dikenal untuk struttin disebut gaya. [3] asosiasi struttin kru itu tidak memiliki banyak tinggal kekuasaan sebagai Boogaloos Electric atau The lockers. Thus, struttin’ faded and never became mainstream. Jadi, struttin ‘pudar dan pernah menjadi mainstream. The new millennium gave rise to a new Oakland dance style called turfing , a fusion of miming and gliding that places heavy emphasis on storytelling (through movement) and illusion . Milenium baru melahirkan gaya baru yang disebut tari Oakland turfing , perpaduan antara meniru dan meluncur yang memberikan penekanan berat pada bercerita (melalui gerakan) dan ilusi . Other than Bay Area pride, turfing has maintained its endurance due to local dance competitions and local youth programs that promote the dance as a form of physical activity. [ 28 ] On the heels of its exposure there’s another style rising out of LA called jerkin’ . Selain Bay Area bangga, turfing telah mempertahankan daya tahan, karena adanya kompetisi tari lokal dan program pemuda lokal yang mempromosikan tari sebagai bentuk aktivitas fisik. [28] Pada tumit eksposur ada lagi gaya bangkit dari LA disebut rompi ‘ . What separates this style from others is that the dancers who jerk typically wear skinny jeans . [ 29 ] This is similar to locking dancers in the ’70s who traditionally wore black and white striped shirts and socks. [ 25 ] [ note 4 ] Although established locally, both turfing and jerkin’ have not managed to break out of their own regions the way krumping has. Apa yang membedakan gaya dari orang lain adalah bahwa para penari yang brengsek biasanya memakai skinny jeans . [29] Hal ini mirip dengan mengunci penari di 70-an yang secara tradisional mengenakan kemeja berwarna putih bergaris-garis hitam dan kaus kaki dan. [25] [catatan 4] Meskipun didirikan lokal, baik turfing dan rompi masih belum berhasil keluar dari daerah mereka sendiri jalan krumping telah.
“Expression is a must in krump because krump is expression. You have to let people feel what you’re doing. You can’t just come and get krump and your krump has no purpose.” “Ekspresi adalah suatu keharusan dalam krump karena krump adalah ekspresi.. Anda harus membiarkan orang merasa apa yang Anda lakukan Anda tidak bisa hanya datang dan mendapatkan krump dan krump Anda tidak memiliki tujuan.”
Robert “Phoolish” Jones; Robert “Phoolish” Jones;
Krump Kings [ 30 ] Krump Kings [30] Krumping came about in the late ’90s within the African American communities of Compton, CA . [ 31 ] It was only seen and practiced in the Los Angeles metro area until it gained mainstream exposure by being featured in several music videos [ 32 ] and showcased in the krumping documentary Rize . Krumping muncul di tahun 90-an dalam African American komunitas di Compton, CA . [31] Ini hanya terlihat dan dipraktekkan di daerah metropolitan Los Angeles sampai mendapatkan eksposur mainstream dengan menjadi tampil dalam beberapa video musik [32] dan memamerkan dalam film dokumenter krumping Rize . Clowning (not to be confused with the clown walk ), the less aggressive predecessor to krumping, was created in 1992 by Tommy the Clown. [ 32 ] Tommy and his dancers would paint their faces and perform clowning for children at birthday parties or for the general public at other functions as a form of entertainment. [ 32 ] In contrast, krumping focuses on highly energetic battles and movements which Tommy describes as intense, fast-paced, and sharp. Pembadutan (tidak harus bingung dengan berjalan badut ), yang agresif pendahulunya kurang untuk krumping, diciptakan pada tahun 1992 oleh Tommy The Clown. [32] Thomas dan penari itu akan melukis wajah mereka dan melakukan pembadutan bagi anak-anak di pesta ulang tahun atau untuk masyarakat umum pada fungsi lainnya sebagai bentuk hiburan. [32] Sebaliknya, krumping berfokus pada pertempuran yang sangat energik dan gerakan yang Tommy menjelaskan sebagai intens, cepat, dan tajam. “If movement were words, [krumping] would be a poetry slam.” [ 31 ] “Jika gerakan adalah kata-kata, [krumping] akan puisi slam.” [31]
Compared to the funk styles, turfing, jerkin’, and krumping are relatively new. Dibandingkan dengan gaya funk, turfing, rompi ‘, dan krumping relatif baru. The cultural similarities between these street dance styles, the funk styles, and breaking have brought them together under the same subculture of hip-hop which has helped to keep them alive and evolving today. Kesamaan budaya antara jalan tari gaya, gaya funk, dan melanggar telah membawa mereka bersama di bawah subkultur yang sama hip-hop yang telah membantu untuk menjaga mereka hidup dan berkembang hari ini.

Read More..
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Macam-macam jenis Dance

1. C-walk
Spoiler for C-walk
Crip Walk, juga dikenal sebagai C-Walk, adalah sebuah tarian berasal dari awal 1970-an oleh Crip Gang dari Compton, pinggiran Los Angeles, California. Pada dasarnya, tarian ini dilakukan dengan memuutar tumit dan bola kaki dengan cara yang menggerakkan pemain dari sisi ke sisi.



Selain Crip Walk, C-walk juga dikenal dengan sebutan Clown walk dan Crown Walk


2. Melbourne Shuffle
Spoiler for Shuffle
Melbourne shuffle adalah gaya tarian yang muncul di tahun1980-an. Gerakan dasar dalam tarian ini adalah gerakan kaki yang cepat dengan gaya yang cocok untuk berbagai jenis musik elektronik. Beberapa varian menggabungkanna dengan gerakan tangan dan juga menyesuaikan gerakannya dengan irama bass. Pada tahun 2006 seiring dengan meningkatnya popularitas YouTube, penari internasional sekarang berkontribusi pada Shuffle online, ada yang memasang video mereka sendiri dan ada yang belajar dari orang lain.

3. Popping
Spoiler for Popping
Popping adalah gaya tari dan salah satu gaya funk asli tarian yang keluar dari Fresno, CA pada tahun 1970-an. Hal ini didasarkan pada teknik cepat mengendorkan otot-otot berkontraksi dan menyebabkan tegangan dalam tubuh penari. Hal ini

dilakukan terus menerus seiring dengan irama lagu dalam berbagai gerakan dan pose.

4. Liquid
Spoiler for Tecktonik
Liquid dan Digit adalah ilusi yang dibentuk berbasis gestural, tarian yang kadang-kadang melibatkan aspek-aspek pantomim. Istilah kata liquid digambarkan seperti gerakan jari-jari penari yang bergerak seperti ombak laut. liquid memiliki banyak kesamaan dengan popping dan waving namun bedanya liquid dimainkan dengan jari.

Tarian ini biasanya dilakukan untuk berbagai genre musik dansa elektronik dan bass untuk glitch hop, tergantung pada selera musik penari.


5. Breakdance
Spoiler for Bboy
Breakdance, breaking, b-boying atau b-girling adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix(lagu yang di aransemen ulang). Orang yang melakukan gerakan breakdance disebut breakdancer, breaker, b-boy atau b-girl. Perkembangan jenis tarian yang satu ini pun sangat pesat, bahkan beberapa komunitas di Amerika mulai terbentuk. Pada tahun 1980'an, breakdance sudah menjadi seperti fashion di

Amerika. Hampir di setiap malam di beberapa bagian kota terdapat beberapa komunitas yang saling menunjukan kebolehannya dalam melakukan jenis tarian ini, walau tidak sedikit yang berujung pada keributan.

Read More..
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS